Syarat Pendaftaran


 

Syarat Penerimaan Mahasiswa

Peminat Program Profesi Insinyur UNS wajib memenuhi persyaratan sebagai berikut:

1.      Berlatar belakang Sarjana (S1) bidang teknik, Sarjana Pertanian, dan Sarjana pendidikan bidang teknik, yang diperoleh dari perguruan tinggi yang terakreditasi

2.      Mendaftar untuk mengikuti pendidikan profesi insinyur

3.      Sehat jasmani, rohani, bebas narkotika, psikotropika, dan zat adiktif.

4.   Telah memiliki pengalaman kerja dalam praktik bidang keinsinyuran paling sedikit 4 (empat) tahun untuk Jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau dan mencukupi 2 (dua) tahun untuk jalur Reguler, yang terhitung sejak lulus Pendidikan Sarjana S1. Syarat khusus untuk sarjana pendidikan bidang teknik yaitu telah melakukan program penyetaraan dengan sarjana bidang teknik .

5. Aktif bekerja dan pengalaman kerja dibuktikan dengan surat keterangan dari instansi/perusahaan/lembaga tempat yang bersangkutan bekerja.

6.     Mengikuti Seleksi Wawancara dengan menyertakan Curriculum Vitae Lengkap dengan Kegiatan Keinsinyuran.

 

Bidang Aktivitas Keinsinyuran mencakup bidang:

Pendidikan dan pelatihan teknik/teknologi; penelitian; pengembangan, pengkajian dan komersialisasi; konsultansi, rancang bangun dan konstruksi, teknik dan manajemen industri, manufaktur, pengolahan dan proses produk; eksplorasi dan eksploitasi sumber daya mineral; penggalian, penanaman, peningkatan dan pemuliaan sumber daya alami; pembangunan, pembentukan, pengoperasian dan pemeliharaan aset.